Cursors

 
Thursday, May 11, 2006
CiNTA TerTinGGi..

Adalah cinta, memang luar biasa ia seperti seekor semut yang merayap di malam pekat, tanpa suara dan sangat sukar di cerna oleh alat indera, tapi keberadaanya tetap di rasakan oleh kita. Itulah wujud dari kasih sayang sang pencipta, keagungan dan kebijaksanaan-nya, kekuatan dan kemahaperkasaan-nya, terangkum semua dalam kasih sayang-nya yang tercurah kepada hambanya berupa karunia dan kenikmatan yang tak terhingga jumlahnya.

Dari sekian banyak cinta yang bersemi, ada satu cinta yang teramat suci, cinta murni sejati, cinta yang memiliki tempat tertinggi, yaitu: cinta kepada Ilahi Rabbi yang menciptakan alam semesta ini. Cinta kepada Dzat yang maha pencipta tidak membuat para pecinta tersiksa. Cinta kepada seseorang, membuat kita penasaran, takut ditolak, dan takut di permalukan. Tetapi cinta kepada maha kuasa akan mendatangkan kebahagiaan, kebahagiaan yang tidak pernah di rasakan oleh pencipta-pencipta lainya.
Kecintaan kepada Allah adalah tujuan terjauh dan inilah derajat cinta tertinggi. Cintanya orang-orang yang yakin dan kekuatan imanya sangat mengagumkan.
Allah berfirman:
“ Adapun orang-orang yang beriman, amat sangat cinta mereka pada Allah”. ( QS.Al-baqarah:165)
Dan Allah berfirman “ Allah Mencintai mereka, dan mereka pun mencintainya”. (QS. Al-Maidah:54)

Seorang tokoh sufi wanita bernama Rabi’ah bin Ismail Al-Adawiyah adalah contoh dari para pecinta yang memiliki derajat cinta tertinggi.
Cinta Rabi’ah kepada Allah swt, cinta yang abadi yang memiliki segala yang ada. Cinta abadi yang memiliki segala yang ada. Cinta abadi itu, tidak takut pada apa saja dan siapa saja walaupun pada neraka, seperti yang diucapkan dalam syairnya:
“ Kujadikan dikau sebagai teman bicara dengan qalbuku, badan kasarku biarlah bicara dengan insane jasadku, biarlah berbicara dengan tulangku, namun isi hatiku tetaplah untuk-mu”. Ibadah yang dilakukanya setiap pagi dan sore, siang malam, adalah hanya karena cintanya yang suci dan abadi, seperti dalam ucapanya.

“ Seandainya aku ibadah kepadamu karena takut akan siksa neraka, maka biarkanlah neraka itu bersamaku, dan sekiranya aku berharap hanya sekedar mengharapkan surga, maka jauhkanlah surga dariku. Akan tetapi bila aku beribadah karena cinta semata, maka limpahkanlah kerinduan kepadamu selau….”
Apabila seorang hamba telah sangat dalam rasa cintanya kepada Allah maka akan timbullah kerinduan-kerinduan untuk berjumpa denganya.

Telah dikabarkan pula bahwa Allah Swt, kepada Nabi Dawud as:
“ Ya Dawud, sampaikanlah kepada penghuni numi-ku, bahwa aku adalah kekasih bagi siapa yang cinta kepadaku, aku teman duduk bagi siapa yang duduk denganku, teman bagi siapa yang berteman denganku, pemilih bagi siapa yang memilihku, dan menuruti siapa yang mentaatiku, apabila seorang hamba mencintaiku, dan aku tahu bahwa itu sebagai keyakinan dari hatinya, maka aku menerimanya bagi diriku, dan mencintainya dengan kecintaan yang tidak di dahului oleh seorang pun dari makhluk ku, barang siapa mencariku dengan kebenaran, ia pun mendapatiku, dan barangsiapa yang mencari selainku, maka ia pun tak akan menjumpaiku”.

Tanda Allah swt, mencintai hambanya ialah Allah menimpakan keresahan dalam hati hambanya terhadap apa saja selain Allah, hingga pada akhirnya yang ia cari hanyalah Allah, Nabi Saw bersabda: “ apabila Allah mencintai hambanya dia mengujinya, jika ia sangat mencintainya maka Allah pun mencobanya”.
Cobaan yang bertubi-tubi, penderitaan yang silih berganti, adalah bukti cinta Allah pada hambanya, sebab dengan musibah dan derita itu Allah melenyapkan dosa-dosa,

Demikianlah kemurnian cinta sejati, cinta yang suci, cinta yang tertinggi, semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan yang dicinta dan dikasihinya dan semoga kita betul-betul ikhlas dan ridho atas cobaan dan ujian yang di berikan Allah pada kita, sehingga Allah pun ridho kepada kita, Amin ……………

Dikutip dari buku Fatwa Cinta ‘Sofy Al-Jafaly’
posted by Alfie @ 6:39 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
BetApa kecIL maNusia di tengAh HamParan DuNia, KeruGianlah baGi meReka Yang Tiada MentafakurinYa. Bilakah HaTI manusIa terBuka UntuK TuHanya, kedamaianLah BagI meReka di Saat JumPa deNGanNya....
About Me

Name: AlfieAlfie
Home: Jakarta, Indonesia
About Me: simple:)
See my complete profile
Jakarta
Previous Post
Archives
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Links
Yang Udah Maen
Credits

  • Clock by Clocklink
  • Counter by AmazingCounters
  • Free Shoutbox Technology Pioneer Free Blogger Templates

    BLOGGER